Tren teknologi teratas tahun 2020: Semuanya berubah – dan cepat


Jika Anda mengerti teknologi atau hanya seseorang yang tetap berada di atas semua penawaran terbaru dalam teknologi, Anda harus terbiasa dengan fakta bahwa teknologi adalah salah satu domain yang paling tidak stabil. Ini berkembang pada kecepatan yang teknologi menjadi usang bahkan sebelum ada yang menyadarinya bahkan ada. Pekerjaan dan karier berbasis teknologi dipengaruhi dan setiap orang dengan karier di industri TI tahu bahwa mereka harus terus-menerus belajar dan beradaptasi dengan langkah cepat dunia teknologi untuk bertahan hidup. Dengan kalender yang beralih ke tahun 2020, kita dapat berharap banyak teknologi baru yang kuat dan canggih untuk berperan dalam dekade baru. Dan setiap organisasi dan individu di bawah domain TI perlu fokus pada tren teknologi ini pada tahun 2020. Mari kita luangkan waktu sejenak untuk menelusuri tren teknologi teratas yang akan meningkat pada tahun 2020.

Seluler apps

Aplikasi seluler sudah mulai bersaing dengan dan dalam banyak hal menggantikan aplikasi web. Pasar aplikasi seluler berkembang pesat dan diperkirakan akan meningkat lebih jauh tahun ini. Hampir semua layanan online – jika tidak semua – sudah tersedia melalui aplikasi seluler untuk pengguna. Mempertimbangkan laju kemajuan aplikasi seluler, sangat mungkin akan mendefinisikan ulang industri layanan saat ini.

Domain seperti perbankan, transportasi, logistik, dan kebutuhan sehari-hari memiliki banyak sekali penawaran aplikasi seluler untuk semua orang tersedia untuk diunduh dan digunakan. Dan cari peningkatan aplikasi seluler di segmen industri dan pertanian pada tahun 2020.

Selain itu, layanan pembayaran melalui aplikasi seluler juga meningkat. Kami telah menyaksikan peningkatan tajam dalam penggunaan sistem pembayaran mobile baik itu pembayaran Apple, Google Pay, atau pembayaran dompet berbasis UPI. Mulai tahun ini, kita dapat mengharapkan solusi pembayaran seluler yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih ramping.

5G jaringan

Dan 2020 akan menjadi tahun di mana kita akan menyaksikan generasi kelima jaringan seluler digunakan secara luas. 5G telah ada di sekitar berita untuk sementara waktu dan kami sudah tahu apa yang mampu dilakukannya.

Menurut Huawei, 5G dapat “mendukung peningkatan kapasitas 1.000 kali lipat, koneksi untuk setidaknya 100 miliar perangkat dan 10 Gb / s pengalaman pengguna individu dari latensi dan waktu respons yang sangat rendah. ” Semua pembuat ponsel pintar dan perangkat utama termasuk Huawei, Snapdragon, Apple, Samsung, dan lainnya telah mulai memproduksi perangkat yang kompatibel dengan 5G. Namun, implementasi jaringan skala besar itu sendiri masih dalam masa pertumbuhan. Tetapi para pakar industri percaya bahwa 2020 akan menjadi tahun di mana 5G menjadi arus utama.

Saat ini, jaringan 5G hanya tersedia di beberapa negara. AS, Australia, Cina, Korea, Inggris, dan beberapa bagian Eropa lainnya telah meluncurkan jaringan 5G. Diperkirakan berbagai negara lain mungkin akan meluncurkan jaringan 5G untuk pengguna pada akhir tahun 2020.

Namun, agar jaringan 5G naik, operator jaringan harus menemukan cara untuk meningkatkan bandwidth dan kegunaan dan mengurangi biaya yang terkait dengan jaringan 5G.

Cloud terdistribusi

Komputasi cloud telah mengubah lanskap industri TI. Ini memberi kami cara untuk mengurangi biaya secara drastis sambil mencapai cara komputasi yang lebih andal dan efisien. Cloud computing telah menjadi topik hangat di dunia IT selama bertahun-tahun sekarang. Tetapi para pakar industri percaya bahwa komputasi terdistribusi adalah salah satu tren teknologi teratas pada tahun 2020 dan akan lepas landas sebelum tahun berakhir.

Secara sederhana, awan terdistribusi mendistribusikan mesin virtual publik dan layanan ke lokasi eksternal. Namun, penyedia cloud asli atau pencetusnya masih bertanggung jawab untuk menangani dan mengelola cloud. Saat ini, komputasi awan terpusat adalah norma di berbagai industri, dan Gartner menunjukkan bahwa evolusi dari komputasi awan terpusat ke komputasi awan terdistribusi akan menjadi salah satu tren teknologi tahun 2020 yang akan ditonton.

Dengan cloud terdistribusi, perusahaan dapat menempatkan pusat data mereka di mana saja dan mengakses semua sumber daya dan layanan cloud mereka dari mana saja di dunia tanpa harus khawatir tentang tantangan latensi. Saat ini, cloud terdistribusi masih relatif kecil, tetapi beberapa penyedia menawarkan sebagian kecil layanan cloud mereka secara terdistribusi.

Komputasi tepi

Efisiensi dan latensi adalah dua tantangan paling krusial terkait perusahaan di seluruh dunia. Perusahaan melakukan segalanya untuk meningkatkan efisiensi sambil mengurangi atau menghindari latensi. Dan untuk melakukannya, komputasi tepi memainkan peran yang sangat penting.

Menurut definisi, komputasi tepi membawa penyimpanan data dan komputasi lebih dekat ke target. Ini menghilangkan atau secara drastis mengurangi latensi sambil meningkatkan efisiensi. Ada beberapa keuntungan lain tentang komputasi tepi yang mencakup penghematan bandwidth, pengurangan biaya, manajemen yang lebih baik, dan operasi yang lebih efisien.

Komputasi tepi didorong oleh kenaikan IoT. Namun, ada beberapa keunggulan lain yang ditawarkan komputasi tepi. Berbagaiindustri seperti telekomunikasi, perawatan kesehatan, keuangan, mobil, dan banyak lagi dapat mengambil manfaat dari komputasi tepi dan karenanya menjadikannya salah satu tren teknologi paling penting untuk diperhatikan pada tahun 2020.

Robotika

Robot sudah mengambil alih pekerjaan kami karena beragam tugas yang berlebihan telah diotomatisasi dengan menggunakan mesin atau perangkat lunak. Dan mengingat tingginya pengembalian atas investasi yang ditawarkan robot untuk industri dan biaya perawatannya yang rendah, kemungkinan robot akan merebut lebih banyak pekerjaan lagi di tahun 2020.

Internet mesin

Jika para pemimpin industri memperkirakan peningkatan robotika pada tahun 2020, tidak perlu dikatakan juga membuka jalan bagi munculnya Internet of Machines (IoM). Dengan robot yang semakin pintar dan jaringan menjadi lebih kuat, kebutuhan untuk membangun saluran komunikasi antara komputer dan mesin ini sudah jelas.

Edge computing memiliki potensi untuk mempercepat pertumbuhan IoM dengan cepat. Internet Mesin akan memungkinkan mesin atau robot untuk berkomunikasi satu sama lain untuk mempercepat proses dan operasi bisnis.

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa kita berkembang pesat dalam hal perkembangan teknologi, kita masih dalam masa pertumbuhan sehubungan dengan berbagai teknologi yang dimulai hanya beberapa tahun yang lalu. Blockchain, mobil otonom, dan banyak lagi sedang berkembang tetapi masih jauh dari implementasi skala besar praktis.

Tren teknologi 2020: Kencangkan sabuk pengaman Anda

Mengingat sifat teknologi yang mudah berubah, tidak mungkin untuk memprediksi bagaimana teknologi ini akan berlaku di dunia nyata. Namun, satu-satunya kepastian tentang teknologi adalah bahwa teknologi itu berkembang dengan cepat, dan tren teknologi 2020 ini mungkin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari pada akhir tahun.

Gambar unggulan:Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *