Veeam mengarahkan pandangan ke pasar manajemen data cloud A.S.


Cloud telah menjadi bagian yang semakin penting dari berbagai infrastruktur organisasi. Sementara beberapa organisasi masih tidak cukup percaya diri untuk memindahkan beban kerja kritis mereka ke cloud, yang lain dengan cepat bermigrasi ke cloud selama beberapa tahun sekarang. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa cloud membantu organisasi menjaga data mereka aman dengan bantuan cadangan yang efisien dan opsi pemulihan. Manajemen data cloud menangani tugas-tugas seperti keamanan data, cadangan, pemulihan, pemantauan, dan analitik. Berbagai alat manajemen data cloud tersedia di pasar saat ini yang membantu perusahaan memastikan data mereka aman dan tersedia jika terjadi bencana. Alat-alat ini membantu menyederhanakan penanganan data dan merupakan investasi besar. Oleh karena itu, masuk akal bahwa investor dan perusahaan ventura ingin berinvestasi pada vendor yang menyediakan alat ini karena mereka terbukti menguntungkan. Dengan akuisisi Veeam baru-baru ini, semakin jelas bahwa pasar manajemen data cloud mengeruk uang dan investor menginginkan tindakan itu.

Tentang Veeam

Veeam adalah startup Baar, berbasis di Swiss yang menawarkan solusi manajemen data cloud yang efisien yang memberdayakan pelanggan dengan fitur seperti backup dan pemulihan cerdas, orkestrasi pemulihan data, pemantauan dan analisis, dan mobilitas cloud di antara alat-alat lainnya. Veeam kompatibel dengan platform virtual, fisik, dan cloud. Veeam mengambil alih tugas manajemen data utama sehingga mengurangi biaya administrasi. Veeam adalah perusahaan manajemen dan perlindungan data cloud yang dominan di Eropa. Namun, ini kurang dikenal di AS. Veeam memiliki lebih dari 350.000 pelanggan di seluruh dunia. Ini terus berkembang dan mendapat sekitar 4.000 pemesanan baru per bulan. Perusahaan ini memiliki retensi pelanggan yang luar biasa dan saat ini memberikan layanannya kepada sekitar 81 persen dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. Veeam memiliki kantor di lebih dari 30 negara dan pelanggan di lebih dari 160 negara, menjadikannya pemimpin di pasar manajemen data cloud. Ini memiliki kemitraan dengan perusahaan seperti HPE, NetApp, Cisco, dan Lenovo.

Veeam sudah menguntungkan dan telah berhasil menghasilkan pendapatan lebih dari $ 1 miliar pada tahun 2019.

Insight Partners and akuisisi Veeam

Insight Partners adalah perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di New York yang telah menjadi investor di Veeam untuk sementara waktu. Insight Partners memimpin investasi sebesar $ 500 juta ke Veeam tahun lalu. Namun, sebelum investasi itu, Veeam telah mengumpulkan $ 32 juta tanpa pendanaan eksternal. Insight Partners telah dikenal untuk melakukan investasi dalam perangkat lunak dan perusahaan SaaS. Dan, akuisisi Veeam bukan yang pertama. Pada 2019, Insight Partners mengakuisisi perusahaan teknologi intelijen ancaman, Recorded Future, senilai $ 780 juta. Baru-baru ini, Insight Partners mengumumkan akuisisi startup keamanan IoT bernama Armis senilai $ 1,1 miliar. Insight Partners memiliki divisi bernama Onsight yang membantu portofolio perusahaan dengan penskalaan dan operasi. Onsight membantu startup tumbuh dengan meningkatkan penjualan dan pemasaran dan membuat mereka siap untuk keluar seperti IPO.

Akuisisi Veeam adalah yang terbesar dari Insight Partners, senilai $ 5 miliar. Diumumkan pada bulan Januari, akuisisi ini diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun ini. Veeam ingin berekspansi secara global dan satu-satunya hal yang mencegahnya adalah tidak hadir di pasar A.S. Pasar cloud A.S. tumbuh lebih cepat dari sebelumnya dan merupakan rumah bagi semua vendor cloud yang penting.

Veeam didirikan pada tahun 2008 ketika A.S dan seluruh dunia sedang mengalami krisis ekonomi. Didirikan di Eropa membuatnya menjadi pilihan populer untuk pasar Eropa, tetapi tidak begitu banyak di AS. Berbagai vendor yang berbasis di AS menghadapi masalah sebaliknya yaitu tidak membuat terobosan ke Eropa. Dengan akuisisi ini, Insight Partners ingin membantu Veeam dengan “Act II.” Veeam sekarang akan menjadi perusahaan A.S. dengan kantor pusatnya bergerak di suatu tempat di A.S juga. Insight telah menata ulang kepemimpinan untuk membantu memenuhi pasar baru ini secara langsung.

Veeam dapat bertahan dengan sendirinya, namun akuisisi ini merupakan dorongan untuk mempercepat pertumbuhan dengan memasuki wilayah yang sebelumnya tidak dipetakan. Insight Partners telah membantu beberapa perusahaan dengan IPO dan pada akhirnya itulah yang diinginkan Veeam. Namun, Insight Partners percaya bahwa banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat Veeam siap untuk itu.

Apa selanjutnya dan bagaimana hal itu mempengaruhi pasar cadangan data cloud?

Setelah memodernisasi cadangan dan pemulihan, Veeam ingin membantu organisasi dengan migrasi. Banyak organisasi juga tertarik pada infrastruktur cloud hybrid untuk kelincahan lebih. Veeam ingin memanfaatkan kebutuhan yang berkembang untuk pengelolaan data cloud di seluruh infrastruktur hybrid mereka. Rencananya melakukan ini dengan menyelam jauh ke pasar cloud hybrid. Perusahaan sudah bekerja ke arah itu dengan penawaran terbaru seperti cadangan Veeam untuk AWS, Office 365, danBiru langit. Veeam akan terus memberikan layanannya kepada pelanggan yang sudah ada tanpa perubahan besar di masa depan.

Namun, akuisisi ini merupakan masalah besar. Insight percaya dengan pendanaan ini, Veeam memiliki daya tembak untuk menjadi raksasa di pasar cadangan data. Insight Partners ingin meningkatkan tenaga kerja yang saat ini mencapai 1.200. Meningkatkan jumlah pegawai akan membantu Veeam bekerja untuk berinovasi dan memperluas cakrawala dengan lebih cepat. Investasi dalam lebih banyak insinyur akan membantu pelanggan yang ada menggunakan infrastruktur cloud hybrid. Insight bukan perusahaan teknologi, karena itu, motif utama di balik akuisisi ini adalah pengembalian yang akan mereka dapatkan ketika Veeam berkembang. Insight tidak akan berupaya untuk membubarkan atau menghentikan Veeam seperti yang dilakukan banyak perusahaan teknologi lainnya ketika mereka mengakuisisi perusahaan teknologi lain. Insight ingin ini bekerja dan menawarkan Veeam dukungan keuangan yang dibutuhkannya untuk berhasil. Kepemimpinan baru akan membantu menempatkannya di tengah pasar ini yang memungkinkannya untuk memiliki peluang pertumbuhan yang tak tertandingi.

Beberapa perubahan mendatang

Veeam lebih dari sekadar unicorn yang menarik perhatian perusahaan modal ventura untuk berinvestasi di dalamnya dan akhirnya membelinya. Sudah menguntungkan bahkan tanpa berfokus pada A.S., yang merupakan pasar terbesar untuk manajemen data dan cadangan data. Dengan jalur pertumbuhan yang jelas, selalu membuat langkah untuk menjadi lebih baik. Dan dengan akuisisi ini, masa depan tampak cerah. Insight berkomitmen penuh untuk menjadikan Veeam kisah sukses. Dengan reorganisasi yang lengkap, Insight akan membuat Veeam lebih menarik bagi pasar A.S. yang menarik pemegang saham dan kemitraan baru.

Perusahaan modal ventura yang berinvestasi di perusahaan teknologi adalah sesuatu yang tidak selalu berjalan dengan baik. Namun, dalam hal ini, kami memiliki Insight, sebuah perusahaan modal ventura, yang memiliki banyak pengalaman dalam memperoleh unicorn dan mengarahkan mereka ke IPO dan Veeam, sebuah perusahaan swasta yang sudah menguntungkan. Dalam beberapa bulan ke depan, Veeam akan melalui beberapa perubahan. Apa yang harus kita nantikan adalah bagaimana ia menggunakan sumber daya yang sekarang harus tersebar di pasar yang berdekatan dan membuat percikan di AS dengan sekelompok pesaing yang sudah jauh di depan. Mungkin ada beberapa pengumuman dalam beberapa minggu ke depan. Akhirnya, hanya waktu yang akan mengatakan apa sebenarnya yang mengarah ke pernikahan ini.

Gambar unggulan:Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *